Ketahui Tips Pesan Makanan di Cafe untuk First Timer

Mengetahui beberapa tips serta cara pesan makanan di cafe kenyataannya lumayan penting. Sebab sejumlah orang masih kebingungan dan canggung ketika pergi ke kafe, apalagi tidak semua hobi nongkrong.

Alasan mengapa orang tidak mau ke kafe karena canggung, takut salah, dan bingung ketika ingin memesan makanan atau minumannya. Berbeda jika Anda menjadikan kafe tempat nyaman nongkrong, nugas, atau kerja.

Cara Mudah Pesan Makanan di Cafe

baiknya terapkan cara pesan makanan di cafe dengan mudah untuk Anda yang pertama kali mencoba aagr tidak bingung dan canggung, karena sangat membantu.

Tiap kafe tentunya punya prosedur memesan masing-masing dan berbeda. Hal itulah yang membuat seseorang jadi canggung. Apalagi jika jarang atau bahkan belum pernah pergi ke kafe kerap kali membuat segan.

Sebenarnya inti dari prosedur pemesanan di kafe terbilang tidak beda jauh. Berikut ini ada beberapa panduan yang bisa Anda ikuti agar tidak bingung serta canggung ketika melakukan pemesanan ke kafe.

1. Mencari informasi mengenai cafe-nya

Hidup pada jaman informasi sekarang ini tentu saja lebih mudah, karena Anda tidak akan kesulitan menemukan info mengenai kafe yang akan didatangi. Ini merupakan hal penting sebelum pesan makanan di cafe.

Agar nantinya punya gambaran mengenai menu serta harganya, maka sebaiknya cari dulu info mengenai tempatnya. Anda bisa menggunakan mesin pencarian atau media sosial untuk menemukannya.

Apalagi sebagian besar kafe pasti punya website sendiri atau setidaknya sosial media yang dapat diakses oleh orang banyak. Sehingga mempermudah calon pelanggan untuk menemukan lokasinya atau melihat pengalaman orang lain.

Keuntungan apabila Anda mencari infonya dulu ialah bisa punya estimasi uang yang harus dibawa. Selain itu juga tahu range dari harga makanannya. Sehingga tidak kaget ketika datang karena sudah tahu.

Jika dianggap terlalu mahal, maka bisa menemukan tempat yang lebih terjangkau. Mengetahui harga dan menunya bisa memudahkan Anda ketika pesan makanan di cafe, karena tidak perlu repot bertanya kepada pramusaji.

2. Cari tempat duduk nyaman, kemudian pilih menu

Tiap tempat pasti punya prosedur pelayanan sendiri-sendiri dan beda dengan lainnya. Namun biasanya saat datang, pramusaji akan langsung menyambut Anda pada bagian pintu depan kemudian ditanyai keperluannya.

Misalnya memerlukan tempat duduk untuk berapa orang, berikutnya Anda bisa memilih tempatnya. Baiknya pilih lokasi yang sesuai keinginan, misalnya apabila ingin merokok, maka ambil ruangan outdoor atau smoking area.

Jika sudah memperoleh tempat duduk, maka selanjutnya bisa memilih menu sesuai yang tertera dalam bukunya. Nanti Anda dapat memanggil karyawan untuk mencatat pesanannya atau langsung datang ke kasir.

Tapi sekarang cara pesan makanan di cafe sebagian mirip seperti saat Anda pergi ke restoran cepat saji. Di mana harus memesan ke kasir dan membayar lebih dulu.

Sejumlah kafe menerapkan cara itu untuk mempermudah pelanggan dan pekerja. Karena tidak perlu balik ke kasir lagi untuk melakukan pembayaran dan bisa langsung pulang apabila sudah selesai.

3. Menunggu pesanan datang

Ketika menunggu pesanan, waktu yang diperlukan hingga makanannya diantar biasanya lebih lama dibandingkan restoran cepat saji di mana langsung tersedia. Hal tersebut disebabkan karena menunya baru dibuat jika ada pesanan.

Di kafe biasanya pesanannya akan datang jika semua menu sudah selesai dibuat seperti restoran pada umumnya. Sehingga harus sabar menunggu pesanan dayang karena chef memasak makanannya dan barista membuat minumannya.

Jika tempat yang didatangi memang selalu ramai atau saat itu sedang penuh, maka bisa jadi pesanannya semakin lama datang. Jadi kunci pesan makanan di cafe harus sabar dan mau menunggu.

Pembayaran di awal ketika memesan sekarang ini mulai banyak diterapkan oleh pihak cafe. Hal ini seharusnya bukan jadi masalah berarti, sebab sebelumnya Anda juga sudah mempersiapkan uang untuk membayarnya.

Jika harga pada menu beda dengan ketika membayar, maka bisa jadi pada buku itu belum pajak. Biasanya sudah tertulis keterangan dalam buku menunya, harganya sudah termasuk pajak atau tidak.

4. Nikmati makanannya

Apabila pesanan suah sampai, maka Anda hanya perlu menikmatinya saja. Agar bisa menikmati dengan nyaman, akan lebih baik jika memastikan tempat duduknya sesuai pilihan atau harapan sebelumnya.

Baik pada smoking area atau bukan, karena keduanya jelas terpisah. Jika Anda cukup anti dengan asap rokok, maka pastikan duduk di tempat lain yang sudah disediakan dan pesan makanan di cafe.

Tapi beberapa tempat memang tidak memisahkan keduanya karena bangunannya yang termasuk kecil. Jika Anda memang benar-benar anti asap rokok, baiknya jangan memilih kafe tersebut, cari tempat dengan ruangan terpisah.

Jika sudah selesai makan, Anda dapat langsung panggil karyawannya untuk meminta bill. Hal tersebut berlaku apabila pembayaran tidak dilakukan di awal. Namun beberapa cafe mengharuskan pelanggan pergi ke kasir sendiri.

Namun beberapa boleh meminta bill dari tempat duduk dan membayarnya langsung. biasanya Anda pergi ke kasir dan menyebutkan nomor meja, kemudian nanti total tagihan akan langsung terlihat.

Jika Anda ingin ke kafe tapi masih ragu, bingung, bahkan takut, maka sekarang tidak perlu lagi. Karena dengan cara pesan makanan di cafe ini akan mempermudah dan mencegah rasa canggung.

Related Post